PONOROGO – Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Ponorogo menggelar acara peluncuran (launching) Standar dan Maklumat Pelayanan pada Rabu (15/10/2025). Kegiatan yang berlangsung di aula UPT BLK ini dihadiri oleh seluruh pegawai serta perwakilan peserta pelatihan, menandai komitmen institusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman pegawai terhadap standar dan maklumat pelayanan. Tujuannya adalah memperkuat budaya kerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat serta memastikan pelaksanaan pelayanan publik berjalan sesuai dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan profesionalitas.
Acara dibuka dengan paparan materi komprehensif Standar dan Maklumat Pelayanan, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Hal ini memungkinkan terjadinya klarifikasi dan pendalaman pemahaman di antara seluruh peserta yang hadir.
Dalam paparannya, Kepala UPT BLK Ponorogo, Juni Eko Tjahjono, secara gamblang menjelaskan detail Standar Pelayanan yang berlaku di unit kerjanya. Ia juga menekankan pentingnya Maklumat Pelayanan yang harus dilaksanakan oleh seluruh pegawai dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
Lebih lanjut, Eko menyoroti pentingnya sosialisasi ini tidak hanya bagi pegawai, tetapi juga bagi pengguna layanan. “Peserta pelatihan sebagai pengguna layanan juga perlu tahu (standar pelayanan, pen) ini, agar tidak bingung saat menggunakan layanan dan bisa mendapatkan layanan yang sesuai standar,” tegas Eko.
Dengan di-launching-nya Standar dan Maklumat Pelayanan ini, UPT BLK Ponorogo berharap dapat membangun sinergi dan kepercayaan yang lebih baik dengan masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat menjadi pihak yang turut serta mengawasi implementasi dari komitmen pelayanan yang telah ditetapkan tersebut. (***)